SKRIPSI PIAUD
Pengaruh Penerapan Media Balok Terhadap Kemampuan Kognitif Anak RA Asy-Syafi'iyah Wonobodro Kecamatan Blado Kabupaten Batang
Salah satu yang harus dimiliki oleh sorang guru yaitu berkenan memakai media balok dalam menyampaikan informasi pembelajaran kepada anak didik. Keberhasilan kegiatan belajar bukan hanya ditentukan oleh faktor non intelektual tetapi juga intelektual, termasuk salah satunya kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif adalah suatu proses berpikir anak dalam melakukan kejadian/ peristiwa yang di lakukan anak ketika belajar. Bisa dikatakan bahwa adanya media balok dalam pembelajaran akan mempengaruhi kemampuan kognitif. Dengan latar belakang tersebut maka penulis mengemukakan permasalahannya adalah Bagaimana penerapan media balok di RA AsySyafi’iyah Wonobodro Blado Batang? Bagaimanaa kemampuan kognitif anak di RA Asy-Syafi’iyah Wonobodro Blado Batang? Apakah terdapat pengaruh penerapan media balok terhadap kemampuan kognitif anak di RA AsySyafi’iyah Wonobodro Blado Batang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan media balok di RA Asy- Syafi’iyah Wonobodro Kec. Blado Kab. Batang, untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan kognitif anak di RA Asy- Syafi’iyah Wonobodro Kec. Blado Kab. Batang, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media balok terhadap kemampuan kognitif anak di RA Asy- Syafi’iyah Wonobodro Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Anak kelas B1 RA Asy-Syaf’iyah Wonobodro Kec. Blado Kab. Batang tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah 21 anak. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah variabel X (media balok) dan Variabel Y (kemampuan kognitif anak). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data menggunakan metode statistik regresi linear sederhana. Dari hasil hipotesis, menunjukan bahwa rxy lebih besar dari signifikan 1% dan 5 % . signifikan 1% = 1,324= thitung3,390 > ttabel1,324 sedangkan signifikan 5% = 2,086= thitung 3,390 > t tabel 2,086 yang berarti bahwa ada pengaruh yang sangat cukup antara media balok dan kemampuan kognitif di RA Asy-Syafi’iyah Wonobodro Kec. Blado, Kab. Batang, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Bahwa koefisien determinasi sebesar 0,478. Hal ini menunjukkan bahwa 47,8 % kemampuan kognitif kelompok B1 RA Asy-Syafi’iyah Wonobodro Blado Kabupaten Batang, dipengaruhi oleh media balok sedangkan sisanya 52,2 % nya dipengaruhi oleh media APE dan Qiro’ati
20SK2024011.00 | SK PIAUD 20.011 MAS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain