SKRIPSI PIAUD
Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Media Celemek Cerita Di TK Aisyiyah Busthanul Atfal kelompok B2 Desa Legokkalong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Kemampuan sosial emosional sangat penting dimiliki oleh anak sejak dini agar anak mendapatkan pengalaman belajar secara langsung. Untuk menunjang terjadinya proses tersebut, guru menggunakan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui media celemek cerita. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan sosial anak Kelompok B2 khususnya pada kemampuan enggan mengikuti aktivitas, bermain sendiri, tidak bersabar menunggu giliran, dan enggan memeperdulikan suasana sekitar.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi prasiklus Kemampuan Sosial Emosional anak kelompok B2 sebelum diterapkan dengan media celemek cerita dan untuk menjelaskan apakah melaui media celemek cerita dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Legokkalong Karanganyar Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subyek yang diteliti adalah anak kelompok B2 TK Aisyiyah Busthanul Atfal Legokkalong yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan sosial emoisonal anak melaluimedia celemek cerita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan sosial emosional Kelompok B2 TK Aisyiyah Busthanul Atfal Legokkalong Karanganyar. Peningkatan kemampuan sosial emosional dapat dilihat saat prasiklus dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 0% (tidak ada), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6,7%, Mulai Berkembang (MB) 13,3%, dan Belum Berkembang (BB) 80,0%. Kemudian meningkat pada siklus I yaitu Berkembang Sangat Baik (BSB) 13,3%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 15,5%, Mulai Berkembang (MB) 42,2%, dan Belum Berkembang (BB) 28,9%. Siklus II:terus meningkat dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) menjadi 53,3%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 26,5%, Mulai Berkembang (MB) 16,6%, dan Belum Berkembang (BB) hanya 3,3%. Dengan demikian, kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok B2 TK Aisyiyah Busthanul Atfal Legokkalong dapat ditingkatkan melalui media celemek cerita.
20SK2024007.00 | SK PIAUD 20.007 NUR m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain