SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Qiro'ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Di TPQ Bustanul Huda Desa Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Metode Qiroati, Pembelajaran Membaca Alquran
Belajar mempelajari Alquran merupakan sesuatu hal yang utama yang wajib dilakukan sebagai seorang muslim. Untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan benar, maka mempelajari Alquran sejak dini sangat berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan generasi berikutnya. Banyak perkembangan macam-macam metode praktis untuk bisa membaca Alquran sesuai dengan kaidah Ilmu tajwid, diantaranya Metode Qiroati. Metode ini diterapkan pada anak-anak usia dini. Kemudian peneliti melihat ada sebuah madrasah di dalamnya terdapat kegiatan pembelajaran membaca Alquran dengan menggunakan Metode Qiroati akan tetapi anak di desa Kalitorong banyak yang belum mampu membaca Alquran dengan baik dan benar, Hal ini dibuktikan dari anak masih terbata-bata dalam membaca Alquran. Di sinilah penulis tertarik untuk meneliti Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Alquran di TPQ Bustanul Huda.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Metode Qiroati dalam pembelajaran membaca Alquran di TPQ Bustanul Huda desa Kalitorong kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Metode Qiroati dalam pembelajaran membaca Alquran di TPQ Bustanul Huda desa Kalitorong kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui Implementasi Metode Qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di TPQ Bustanul Huda desa Kalitorong kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang dan Faktor pendukung dan penghambatnya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode qiroati dalam pembelajaran membaca Alquran di TPQ Bustanul Huda Desa Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at yaitu setiap jam pagi dari pukul 07:30 sampai pukul 10:00 dengan durasi waktu kurang lebih satu jam. Setiap jam sore dari pukul 15:30 sampai pukul 17:00 dengan durasi waktu kurang lebih satu jam. Proses pembelajaranya dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap klasikal dan tahap individual, pada tahap yang pertama tahap klasikal yaitu dengan cara menggunakan peraga guru dan peraga
xii
anak, sambil memperhatikan penjelasan dari ustadz kemudian mengikuti contoh praktis yang dibacakan ustadz secara bersama- sama. Pada tahap individual dilakukan dengan cara anak- anak membuka buku pegangan atau jilidnya masing- masing kemudian maju satu-satu untuk membaca jilid tersebut dan ustadznya menyimak bacaanya apabila ada yang salah maka ustadz langsung dibenarkan dan menuntunya. Setelah proses metode qiroati dalam pembelajaran membaca Alquran selesai ustadz memberikan kegiatan tambahan yaitu membaca doa- doa harian bersama- sama beserta memberikan motivasi supaya peserta didiknya selalu semangat mau belajar di TPQ. Kemudian faktor- faktor pendukung metode qiroati dalam pembelajaran membaca Alquran adalah adanya dukungan dari orang tua dan sarana prasarana yang sudah memadai. Sedangkan faktor- faktor penghambatnya adalah faktor kedisiplinan, kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya untuk mengulas kembali pelajaran yang sudah diterima. Dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik TPQ Bustanul Huda masuk dalam katagori baik dalam penilaian membaca kitab Qiroati. Dengan menggunakan metode analisis dari data yang ada hal ini menunjukan bahwa metode Qiroati dalam pembelajaran membaca Alquran sudah diimplementasikan dengan baik dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran
19SK1921500.00 | SK PAI 19.500 SHO i | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain