SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran BTQ Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Di SMP Negeri 15 Pekalongan
Pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup perlu adanya penanaman sejak dini dan juga perlu diajarkan sejak dini. Dimulai dari membaca Al-Qur’an dengan baik, tartil, lancar dan fasih sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam qiraat dan tajwid.Dalam membaca Al-Qur’an tentunya tidak boleh asal baca dan harus hati-hati. Karena tidak boleh salah dalam segi cara pengucapan makhrojnya dan tajwidnya karena akan memengaruhi arti dari Al-Qur’an itu. Mengingat begitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an bagi anak, maka adanya pembelajaran baca tulis al-Qur’an perlu ditanamkan sejak dini. Pembelajaran BTQ tidak hanya membaca saja tapi juga menulis huruf-huruf al-Qur’an. Oleh karena itu, SMP Negeri 15 Pekalongan menerapkan pembelajaran BTQ dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an bagi siswa-siswanya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran BTQ, kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa, dan pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pembelajaran BTQ, kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa, dan pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memperkaya khasanah ilmiah serta memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif bagi dunia pendidikan khususnya berkenaan dengan penerapan program BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BTQ kelas VIII di SMPN 15 Pekalongan tahun 2019 tergolong dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari metode pembelajaran BTQ dengan menggunakan metode musafahah, imla’, dan mendapatkan nilai deskriptif presentase hasil angket sebesar 74,04 % berada pada
ix
rentang interval 1.700 ≤ skor ≤ 2.210 (62,5 % ≤ % ≤ 81,25 %). Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMPN 15 Pekalongan tahun 2019 tergolong dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari tes kemampuan baca tulis al-Qur’an dan mendapatkan nilai deskriptif presentase hasil angket sebesar 72,24 % berada pada rentang interval 1.700 ≤ skor ≤ 2.210 (62,5 % ≤ % ≤ 81,25 %). Persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 29,806 + 0.472X. Hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa, hal ini dibuktikan dari analisis regresi linear sederhana. Diperoleh harga ttest = 3,491 sedangkan harga ttabel sebesar 1,694. Maka nilai ttest > nilai ttabel, artinya variabel pembelajaran BTQ berpengaruh terhadap variabel kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa. Besarnya pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa SMPN 15 Pekalongan adalah sebesar 27,6%, sedangkan 72.4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil analisis uji hipotesis dari Pengaruh Pembelajaran BTQ terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMPN 15 Pekalongan adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, pembelajaran BTQ mempunyai pengaruh kecil terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa SMPN 15 Pekalongan.
19SK1921499.00 | SK PAI 19.499 AIS p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain