TESIS PAI
Etika Guru Dan Murid Menurut KH. Ahmad Rifa'I Dan Implementasinya Di MA Rifa'iyah Paesan Kedungwuni Pekalongan
Etika merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan manusia, termasuk di dalamnya proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan, hal ini dikarenakan agar muncul sifat saling menghormati antara guru dengan murid. Begitu sangat pentingnya hal ini banyak para ulama’ yang membahas tentang hal ini, salah satunya ulama’ dari Indonesia, yaitu KH. Ahmad Rifa’i yang semua karyanya menggunakan bahasa jawa. Dalam penelitian ini akan menjawab dua permasalahan, yaitu : 1) Bagaimana Konsep Etika Guru dan Murid Menuut KH Ahmad Rifa’i? 2) Bagaimana Implementasi Etika Interaksi Guru dan Murid di MA Rifa’iyah Paesan Kedungwuni ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan fenomenologi, karena penelitian ini mencangkup dua objek penelitian, yaitu tentang pemikiran KH Ahmad Rifa’i dan tentang penerapan konsep etika menurut KH Ahmad Rifa’i di MA Rifa’iyah Paesan Kedungwuni Pekalongan. Sumber data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan interview. Dalam menganalisa data penulis menggunakan metode hermeneutik dan content analisis. Konsep etika guru dan murid menurut KH Ahmad Rifa’i mencangkup a), etika guru terhadap dirinya yang menekankan pada; 1) bertujuan karena Allah dan ikhlas di dalam mengajarkan ilmu, 2) di dalam mengajarkan ilmu memiliki niat untuk memuliakan agama, 3) menjahui dosa (perbuatan tercela), 4) konsisten dan disiplin dengan tidak disibukn kegiatan lain., b) etika guru dengan murid yang menekankan pada, 1) selalu memberikan nasehat kepada peserta didik, 2) mengajarkan mana yang baik dan mana yang buruk, 3) bertutur kata yang tidak menimbulkan permusuhan, 4) mengingatkan kepada anak didik., c) etika seorang murid terhadap guru yang menekankan pada,1) menghormati dan patuh kepada guru, 2) bertanya ketika ada hal yang belum dimengerti, 3) tidak boleh meremehkan guru dan ketika bertutur dengan guru bertuturlah dengan kata yang baik. Adapun Implementasi etika guru dan murid menurut KH Ahmad Rifa’I di MA Rifa’iyah Paesan Kedungwuni Pekalongan sudah sepenuhnya dilaksanakan di MA Rifa’iyah, hal ini dapat dilihat dari tata tertib madrasah yang secara umum mengacu pada pemikiran KH Ahmad Rifa’i, yang meliputi : etika guru a) Memberikan teguran atau sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib yang bersifat mendidik dan menghindari hukuman fisik secara berlebihan yang diluar batas pembinaan dan pendidikan. b) Memberikan contoh dan panutan dalam berkata dan bertindak baik di madrasah maupun dilingkungan masyarakat. c) membuat trobosan dan inovasi dalam progam pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan menyenangkan d). Menjaga nama baik madrasah dan yayasan baik di area madrasah maupun di luar. e) Tidak meninggalkan jam mengajar kecuali dengan izin kepala madrasah. f) Bagi pendidik perempuan dilarang memakai celana atau pakaian yang transparan/ketat .g) Memperhatikan situasi kelas, halaman, dan lingkungan madrasah terutama mengenai k-3 (kebersihan, keindahan dan ketertiban) serta menegakkan tata tertib siswa dan sebagainya. Etika murid a) Siswa wajib menaati peraturan madrasah baik peraturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis b) Siswa wajib menjaga nama baik madrasah dan SDM yang terlibat di dalamnya c) Siswa wajib menaati dan menghormati pengasuh dan keluarga, guru serta pengurus yayasan. d) Siswa wajib menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah. e) Siswa wajib menjaga dan merawat fasilitas madrasah. f) Siswa wajib izin kepada guru tertentu bila menerima tamu. g) siswa dilarang berteriak-teriak dan bertutur kata tidak sopan. h) Siswa dilarang masuk ruang guru tanpa izin i) Siswa wajib berperilaku yang mencerminkan kepribadian muslim dan lain sebagainya. Hal-hal ini sesuai dengan konsep pemikiran KH Ahmad Rifa’i dan sesuai dengan nilai visi misi di MA Rifa’iyah yang menjunjung nilai akhlakul karimah.
20TS2052020.00 | TS Pps.PAI 20.020 BAD e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain