TESIS PAI
Optimalisasi Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Belik Pemalang
Penilaian dalam pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran yang akan mampu menentukan kualitas dan hasil pembelajaran itu sendiri. Adapun Implementasi Penilaian Autentik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan di SMPN 2 Belik dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, karena dalam implementasi Penilaian autentik peserta didik lebih ditekankan lebih aktif dan kreatif dari pada guru serta menambah motivasi bagi peserta didik karena semua kegiatan yang dilakukan dalam lingkungan sekolah menjadi nilai dalam penilaian autentik. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Mengapa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Belik, Pemalang digunakan penilaian Autentik? Bagaimana optimalisasi implementasi Penilaian Autentik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Belik Pemalang? Apa implikasi penilaian autentik pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Belik Pemalang ? Tujuan penelitian adalah : Untuk menganalisis Penilaian Autentik pada Pembelajaran PAI, menganalisis implementasi penilaian autentik dan untuk mengetahui implikasi penilaian autentikpada pembelajaran PAI di SMP N 2 Belik Pemalang. Kegunaan penelitian ini adalah : Memberikan masukan bagi warga sekolah dalam peningkatan profesionalisme khususnya dalam hal penilaian autentik pada pembelajaran, Menjadi referensi dalam penelitian sejenis dan perumusan kebijakan oleh fihak - fihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan triangulasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Implementasi Penilaian Autentik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP N 2 Belik Pemalang antara lain, : a) Penilaia autentik pada pembelajaran sudah menggunakan model yang ideal, b). Implementasi Penilaian Autentik pada pembelajaran sudah menerapkan 3 ranah penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan , c). Penilaian Autentik sudah memenuhi unsur prinsip yang ada, d) Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah memiliki kompetensi mengenai penilaian Autentik . Implikasi Penilaian autentik : Hasil belajar baik aspek sikap,pengetahuan maupun ketrampilan meningkat. Faktor Pendukung 1)Sumber daya Guru, 2) Jumlah siswa, 3) Kepala sekolah, 4) Dewan guru 5). Lingkungan 6) Pemerintah. Faktor penghambat : 1). Komitmen guru, 2) Sarana dan prasarana, 3) Sumber daya manusia siswa, 4) Pendanaan, 5) Orang tua siswa 6) kebijakan pemerintah.
20TS2052016.00 | TS Pps.PAI 20.016 FAD o | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain