TESIS PAI
Strategi Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Al-Munawaroh Banjardawa Taman Pemalang
Pembinaan akhlak kepada siswa merupakan hal yang sangat penting dilakukan secara terus menerus. Hal ini dilakukan karena perkembangan zaman yang semakin canggih dan pengaruh teknologi yang semakin merajalela terutama kepada para remaja
yang masih memiliki pikiran yang labi yang perlu bimbingan dari orang tua, guru dan orang disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Akhlak siswa di MTs Al-munawaroh Banjardawa Taman Pemalang, bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak di MTs Al-Munawaroh Banjardawa Taman Pemalang, apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak di MTs Al-Munawaroh Banjardawa Taman Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di MTs Al-munawaroh Banjardawa Taman Pemalang, untuk mengetahui bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak di MTs Al-Munawaroh Banjardawa Taman Pemalang, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak di MTs Al-Munawaroh Banjardawa Taman Pemalang Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Kemudian diuji validitasnya menggunakan teknik triangulasi, dalam hal ini triangulasi sumber dan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama: akhlak siswa MTs AlMunawaroh Banjardawa dapat dikategorikan baik. Akhlak tersebut seperti senang sholat berjama’ah, sholat dhuha, tadarus al-Qur’an, sopan santun kepada guru dan kakak kelas dan suka tolong menolong, jujur, dan senang berbagi kepada teman serta berbelas kasihan dengan sesama. Kedua strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa meliputi: Mujahadah/pelatihan, Pembiasaan dan pemberian asensif, keteladanan guru dan pendidikan akhlak yang dimasukan dalam proses pembelajaran. Ketiga: faktor pendukung pembinaan akhlak meliputi: faktor keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan madrasah, sedangkan faktor penghambat pembinaan akhlak meliputi faktor internal: pembawaan anak sejak kecil yang dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua dan faktor eksternal: pengaruh era globalisasi berupa media elektronik serta media sosial yang bisa berdampak negatif terhadap siswa dalam mempengaruhi pembinaan akhlak siswa.
20TS2052013.00 | TS Pps.PAI 20.013 WAR s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain