TESIS PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Berbasis Iman Menurut Syaikh Nawawi Al-Bantani (Studi Analisis kitab Qami'u At-Tughyan)
Usaha-usaha pendidikan akhlak melalui berbagai lembaga pendidikan dan melalui berbagai macam metode terus dikembangkan. Ini menunjukan bahwa akhlak memang perlu dibina, dan pembinaan ini ternyata membawa hasil berupa terbentuknya pribadi-pribadi muslim yang berakhlak mulia, taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada ibu-bapak, sayang kepada sesama makhluk Tuhan dan seterusnya. Keadaan pembinaan ini semakin terasa diperlukan terutama pada saat dimana semakin banyak tantangan dan godaan sebagai dampak dari kemajuan dibidang iptek. Saat ini misalnya orang akan dengan mudah berkomunikasi dengan apapun yang ada di dunia ini, yang baik atau yang buruk, karena ada alat telekomunikasi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, pertama¸ Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak berbasis iman dalam kitab Qāmī’u at-Tughyān? Kedua¸ Bagaimana relevansi nilai pendidikan akhlak berbasis iman dalam kitab Qāmī’u at-Tughyān dengan konteks pendidikan akhlak dewasa ini ? Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis kritis tentang nilai-niai pendidikan akhlak berbasis iman dalam kitab Qāmī’u at-Tughyān dan relevansinya dengan konteks pendidikan akhlak dewasa ini. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu menambah wawasan keilmuan tentang pendidikan akhlak serta bisa menjadi bahan rujukan dalam menggali informasi demi menambah khazanah keilmuan. Dan kegunaan praktisnya bagi pemerhati pendidikan yakni berkontribusi menjadi rujukan dan khazanah keilmuan dalam memperdalam cakrawala keilmuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis dengan jenis penelitian (library research). Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi. Dan teknik analisis datanya dengan teknik analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak berbasis iman dalam kitab Qāmi’u At-Tughyān Menurut Syaikh Muhammad Nawawi Al-Bantani dapat dibagi menjadi lima kategori. Pertama, Nilai-nilai Pendidikan akhlak terhadap Allah SWT. Kedua, Nilai-nilai Pendidikan akhlak kepada Rasulullah SAW. Ketiga, Nilai-nilai Pendidikan akhlak terhadap ahli agama. Keempat, Nilai-nilai Pendidikan akhlak terhadap sesama manusia. Kelima, Nilai-nilai Pendidikan akhlak terhadap diri sendiri.
20TS2052001.00 | TS Pps.PAI 20.001 MUD n | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain