SKRIPSI PAI
Peran Guru Ngaji Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Membaca Al-Quran Pada Anak-anak Di Kelurahan Kalibaros Pekalongan Timur
Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalaah problematika yang dialami oleh masyarakat Kelurahan Kalibaros, tentang kemampuan membaca AlQur’an anak-anak semakin lemah, salah satunya dipengaruhi oleh faktor keluarga. Sekarang banyak orang tua yang seakan tidak peduli dengan perkembangan pendidikan dan kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak mereka, sehingga bila tidak ada kemauan sendiri dari diri anak tersebut, anak juga tidak mau memperdulikannya. terkadang banyak orang tua yang mengabaikan pentingnya mempelajari Al-Qur’an. Padahal menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur’an bisa dengan pembiasaan seperti ngaji bersama setelah maghrib atau tidak membiarkan anak bermain di luar rumah pada saat maghrib. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peran guru ngaji dalam menumbuhkan minat belajar memca Al-Qur’an pada anak di Kelurahan Kalibaros Pekalongan Timur dan bagaimana minat belajar membaca Al-Qur’an pada anak-anak di Kelurahan Kalibaros Pekalongan Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru ngaji dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an pada anak-anak dan untuk mendeskripsikan minat belajar membaca Al-Qur’an anak-anak di Kelurahan Kalibaros Pekalongan Timur. Penelitian ini merupakan jenis peneltian field research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru ngaji di Kelurahan Kalibaros Pekalongan Timur, dalam menumbuhkan minat belajar membaca AlQur’an berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator dan manusia sumber. Kondisi minat belajar anak-anak di Kelurahan Kalibaros Pekalongan Timur sudah bisa dikatakan baik hal ini dapat dilihat dari adanya indikator minat yang sudah terpenuhi yaitu ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar, dan pengetahuan.
20SK2021039.00 | SK PAI 20.039 FIT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain