SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kesulitan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas VIII (Studi Kasus di SMP N 3 Pekalongan)
Al Qur’an merupakan sumber informasi yang membawa pada pengetahuan dan ilmu pengetahuan yang mendatangkan keimanan. Mengingat pentingnya memahami dan mengamalkan Al Qur’an, maka setiap umat Islam mempunyai kewajiban untuk belajar membaca Al Qur’an. Latar belakang siswa yang menjadi
kendala dalam membaca Al Qur’an yang umum terjadi yaitu faktor lingkungan, faktor keluarga, dan siswa cenderung meremehkan adanya pembelajaran Al Qur’an tersebut tidak terlalu penting bagi sekolah. Di sinilah penulis tertarik untuk meneliti Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani Kesulitan Membaca Al Qur’an pada Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Pekalongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan membaca Al Qur’an pada siswa di SMP N 3 Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan membaca Al Qur’an pada siswa di SMP N 3 Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al Qur’an, untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani
kesulitan membaca Al Qur’an dan mengetahui faktor dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kesulitan membaca Al Qur’an pada siswa kelas VIII (Studi Kasus di SMP N 3 Pekalongan), maka dapat diambil kesimpulan 1) Guru menggunakan metode drill atau latihan 2) Kegiatan Baca Tulis Al Qur’an 3) Menyediakan waktu bagi siswa untuk membaca Al Qur’an sebelum pelajaran.
20SK2021033.00 | SK PAI 20.033 AZA u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain