SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Etika Peserta Didik SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang
Pendidikan agama merupakan bagian terpenting yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan peseta didik untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia (bermoral). Dengan demikian pelaksanaan kurikulum pendidikan agama disekolah diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang benar-benar memiliki keimanan yang kuat dan ketakwaan yang tinggi dengan dilandasi oleh ahlak mulia sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran pendidikan agama tertuju pada pembentukan sikap atau mental anak didik dalam hubungannya dengan Tuhan, masyarakat dan alam atau sesama makhluk. Harga diri seseorang bukan ditentukan oleh kekayaan materi maupun ketinggian inteleknya, tetapi yang lebih diperhatikan adalah soal etikanya. Etika ini adalah masalah utama pada manusia mengenai perbuatan sehari hari. Rumusan Masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang? Bagaimana Etika Peserta didik di SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang? Adakah Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Etika Peserta Didik di SMP Negeri 4 Bodeh Kabipaten Pemalang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang. Untuk mengetahui Bagaimana Etika Peserta didik di SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang. Untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Etika Peserta Didik di SMP Negeri 4 Bodeh Kabipaten Pemalang. Penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan kajian ilmu pengetahuan serta memberikan pemahaman tentang , pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang, serta pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya dengan menyebarkan angkat, observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dalam pelaksanaannya yaitu menggunakan bantuan program SPSS 22 for Windows, kemudian ditarik kesimpulan dari hasil data angket yang telah diperoleh dan diolah. Hasil penelitian ini bahwa pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap etika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang adalah sebagai berikut: Pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang baik, memiliki skor total (∑X) = 3008 rata-rata sebesar 62,73 terletak pada interval 62-67 yaitu termask kategori baik, artinya bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam terdapat indikator mempelajari aqidah ahlak, mempelajari Al quran dan Al hadis, mempelajari studi syari’ah, dan mempelajari sejarah Islam. Etika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang baik, memiliki skor total (∑X) = 3229 ratarata sebesar 67,69 terletak pada interval 66-71 yaitu termasuk kategori baik, artinya bahwa etika peserta didik terdapat indikator mengormati guru, sabar, sopan santun, jujur, adil dan amanah, optimis, disiplin terhadap waktu, menepati janji, tekun dan toleransi, pemaaf dan penolong, selalu berkehendak baik. Hasil analisis pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap etika peserta didik dengan koefisien determinasi 17,2%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap etika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 bodeh Kabupaten Pemalang. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap etika peserta didik VIII SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang. Koefisien korelasi pengaruh antara X terhadap Y diperoleh korelasi (R) sebesar 0,415. Nilai tersebut apabila melihat pada table nilai interpretasi nilai r berada pada interval 0,41-0,70 yang berarti variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang cukup sedang. Sedangkan koefisien determinasi pengaruh antara X terhadap Y adalah sebesar 17,2%.
20SK2021023.00 | SK PAI 20.023 SAR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain