SKRIPSI PAI
Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Alumni IAIN Pekalongan Dalam Merancang Dan Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Pada SMK Negeri Di Kabupaten Batang
Pentingnya pemahaman dan praktek yang baik tentang evaluasi pembelajaran bagi guru adalah untuk memberikan kepastian bagi peserta didik bahwa mereka telah dievaluasi sesuai dengan tujuan atau kompetensi pembelajaran yang telah disyaratkan dalam kurikulum. Mengingat kompleksnya proses evaluasi, guru perlu memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang memadai terkait merancnag dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut berlaku bagi guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan yang mengajar pada SMK Negeri di Kabupaten Batang. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang 2) mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan model deskriptif dengan mengacu pada teori Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang dilakukan dalam lima proses yaitu, perencanaan evaluasi yaitu guru membuat RPP dengan mencantumkan perencanaan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi, guru
melaksanakan evaluasi sesuai dengan perencanaan yang dibuat dan sesuai dengan aspek yang dinilai. Pengolahan data evaluasi, guru mencocokkan data evaluasi siswa dengan kunci jawaban yang dibuat. Pelaporan hasil evaluasi, guru melaporkan hasil evaluasi kepada siswa, orang tua, dan pihak sekolah. Dan penggunaan hasil evaluasi, guru menentukan kelulusan siswa melalui hasil evaluasi yang didapat. Dari kelima proses tersebut menunjukkan bahwa kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam melaksankan dan merancang evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang sudah sesuai dengan kriteria yang ada. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara hasil penelitian dengan teori yang digunakan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam alumni IAIN Pekalongan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Batang dibagi menjadi dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi, pengalaman mengajar guru, yaitu berapa lama guru tersebut mengajar. Kompetensi guru, yaitu seberapa besar pengetahhuan guru tentang kependidikan. Dan pemahaman karakter siswa sebagai pedoman dalam pemilihan instrumen evaluasi yang tepat. Faktor eksternal meliputi, pendidikan yang ditempuh yaitu pendidikan formal dan pelatihan-pelatihan yang diikuti terkait evaluasi. Faktor selanjutnya sertifikasi guru dan yang terakhir kerjasama dengan orang tua siswa sebagai tindak lanjut dalam evaluasi di rumah.
20SK2021016.00 | SK PAI 20.016 MUT k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain