SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan
Pembelajaran pada hakikatnya sangat terkait dengan interaksi atau hubungan antara guru dengan siswa. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang mengandung muatan ajaran-ajaran Islam dan kehidupan Islami. Salah satu hal yang dapat mengarahkan seseorang untuk berperilaku baik adalah kecerdasan spiritual yang ada pada diri siswa, yakni kemampuan memberi makna ibadah setiap perilaku kegiatan yang bersifat fitrah dan berprinsip karena Allah. Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut; bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan?, bagaimana kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan?, bagaimana pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut; untuk menjelaskan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan, untuk menjelaskan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan, serta untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu diharapkan dapat menambah wawasan dalam bidang penelitian, dan secara praktis yaitu dapat dijadikan informasi bagi para pendidik dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa yang berkaitan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan adalah cukup baik, yaitu sebesar 52,8 berada di interval distribusi frekuensi 51-56. Kemudian kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan adalah cukup baik, yaitu sebesar 59,9 berada di interval distribusi frekuensi 56 - 60. Selain itu terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP N 02 Tirto Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari ttabel pada taraf signifikan 5% ialah 2,032. Maka thitung 2,575 > ttabel 2,032. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam (X) dengan kecerdasan spiritual siswa (Y) yaitu sebesar 16,3%. Sedangkan sisanya 83,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
20SK2021013.00 | SK PAI 20.013 SEL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain