SKRIPSI PAI
Penerapan Hukuman Dalam Membina Akhlak Terpuji Siswa Kelas XI MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang
Pemberian hukuman di sekolah pada umumnya masih menggunakan metode lama dan masih terus dipraktekkan dalam lembaga pendidikan, salah satunya yang masih menggunakan metode tersebut, yakni MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang. Metode ini seakan tidak musnah dengan perkembangan zaman, namun akhirakhir ini metode hukuman mendapat perhatian banyak orang, sebab praktek di lapangan sering kali mendapat kotroversi dan bahkan ada sebagian guru yang menerapkan hukuman ini dengan cara dimasukkan ke dalam penjara. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaima keadaan ahlak siswa sebelum diterapkannya hukuman di MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang, Bagaimana penerapan hukuman dalam membina ahlak terpuji siswa di MA NU Mifthul Huda Gringsing Batang, Bagaimana implikasi atau dampak dari penerapan hukuman dalam membina ahlak terpuji siswa MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang, Bagaimana evaluasi penerapan hukuman dalam membina ahlak terpuji siswa kelas XI MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang,Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan hukuman dalam membina ahlak terpuji siswa kelas XI MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui ahlak siswa sebelum diberi hukuman, untuk mengetahui penerapan hukuman di lingkungan MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang khususnya di kelas XI, untuk mengetahui strategi pembinaan ahlak dan implikasi dari penerapan hukuman di kelas XI MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan hukuman dalam membina ahlak terpuji siswa. Kegunaan yang bersifat teoritis : untuk memperluas wacana ilmu pengetahuan tentang hukuman yang dapat menimbulkan sikap jera terhadap siswa agar tidak mengulanginya lagi. Sedangkan kegunaan yang bersikap praktis: sebagai tambahan pengetahuan mengenai maksud dan tujuan hukuman yang diterapkan di dalam dunia pendidikan. Pendekatan penelitian yang penulis pergunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan memperoleh pemahaman yang otentik mengenai pengalaman orang-orang, sebagaimana diiakukan orang bersangkutan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). karena merupakan penyelidikan mendalam (indepth study) mengenai unit sosial sedemikian rupa, yang mana penelitian ini dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenamya, sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit
sosial tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan hukuman di MA NU Miftahul Huda Gringsing sebagaimana yang telah dijelaskan dalam bab-bab sesudahnya sudah mengarah pada perbaikan. Penerapan hukuman di MA NU Miftahul Huda masih dalam batas kewajaran, bersifat edukatif, dan sudah sesuai dengan konsep pendidikan Islam dan berorientasi pada tuntunan dan perbaikan yang lebih baik. Hukuman yang ada di MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang sangat efektif untuk membina ahlak terpuji siswa. Contohnya Untuk meningkatkan ketaatan dalam beribadah seperti siswa lebih giat dalam melaksanakan shalat wajib berjama’ah dhuhor, berpakaian yang sesuai, datang tepat waktu serta kegiatan-kegiatan lainnya yang telah ditetapkan dalam tata tertib di sekolah MA NU Miftahul Huda Gringsing Batang, setelah siswa tersebut mendapatkan hukuman karena perbuatanya, siswa akan berusaha memperbaiki kesalahannya dan berhati-hati dalam setiap tindakannya, siswa juga akan mengetahui perilaku seperti apa yang patut dilakukan dan tidak patut dilakukan dan menyadari akan kesalahannya, serta berusaha selalu mematuhi peraturan-peraturan di sekolah.
20SK2021012.00 | SK PAI 20.012 FAR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain