SKRIPSI PAI
Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP YPI Buaran Pekalongan
Kemampuan guru dalam mengelola kelas adalah cara yang dapat menghantarkan pembelajaran lebih maju dan tidak tertinggal oleh zaman yang semakin berkembang. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru dalam dunia pendidikan. Namun realitasnya kompetensi pedagogik yang dimiliki guru terkadang kurang maksimal dalam memainkan perannya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan apa faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP YPI Buaran Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk medeskipsikan peranan kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan
prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP YPI Buaran Pekalongan. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP YPI Buaran Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu riset yang dilakukan di medan terjadinya gejala-gejala dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami. Sedangkan Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan mampu memberikan peranan yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar, antara lain sebagai berikut: a. peranan kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP YPI Buaran Pekalongan yaitu : 1) Kemampuan peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan mempunyai peranan penting dalam menegelola pembelajaran, 2). Kemampuan peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan mempunyai peranan penting dalam memahami peserta didik dalam belajar, 3). Kemampuan peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan mempunyai peranan penting dalam perancangan pembelajaran, 4). Kemampuan peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan peranan penting dalam melaksanakan pembelajaran, 5). Kemampuan xiii peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan, belum berperan secara maksimal dikarenakn kuraangnya fasilitas yang adaa di SMP YPI Buaran Pekalongan. 6). Kemampuan peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan mempunyai peranan dalam mengevaluasi hasil belajar 7). Kemampuan peranan pedagogik yang dimilki oleh guru PAI SMP YPI Buaran Pekalongan mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi yang dimilki oleh peserta didik. b. Adapun faktor pendukung dan penghambat peranan kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP YPI Buaran Pekalongan. 1). Faktor internal, a).faktor pendukung : penerapan pembelajaran kelompok, siswa akan terlatih mentalnya dalam mengungkapkan suatu pendapat. b).faktor penghambat : kecerdasan siswa yang lemah sehingga siswa tidak mudah dalam memahami, bakat siswa yang berbeda-beda, ingatan siswa. 2). Faktor Eksternal, a). faktor pendukung : cita cita yang dimilki oleh siswa, lingkungan sekolah yaitu teman-teman yang dimilki oleh siswa. b). faktor penghambat kurangnya sarana prasarana yang memadai.
20SK2021008.00 | SK PAI 20.008 KHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain