SKRIPSI PGMI
Pengaruh Perkuliahan Micro Teaching Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan Tahun 2017/2018
Pelaksanaan perkuliahan Micro Teaching memiliki keterkaitan dengan keterampilan mengajar mahasiswa yang ditunjukkan melalui praktik diruangan khusus untuk perkuliahan Micro Teaching, sebagai bentuk penilaian dari perkuliahan tersebut. Di mana dalam perkuliahan Micro Teaching, mahasiswa dituntut untuk menjadi guru yang berprofesional dalam segala aspek yang diantaranya adalah keterampilan yang akan berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan mengajar mahasiswa.
Penelitian ini mengajukkan permasalahan tentang bagaimana pelaksanaan perkuliahan Micro Teaching mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan, bagaimana keterampilan mengajar mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguuan IAIN Pekalongan, serta bagaimana pengaruh perkuliahan Micro Teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan, untuk menjelaskan kemampuan keterampilan mmengajar dan untuk menjelaskan pengaruh perkuliahan Micro Teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan untuk pendekatan kuantitaif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana.
Hasil peneliti menunjukan bahwa perkuliahan Micro Teaching termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 70-75 ,sedangkan tingkat keterampilan mengajar termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 76-81 . kemudian berdasarkan perhitungan Membandingkan taraf signifikan, yakni pada tingkat signifikansi 1%, Nilai F hitung = 0,685< F tabel = 7,19, sehingga Ha ditolak, Ho diterima, artinya variabel independ (X) tidak ada pengaruh secara signifikan antara variabel Independen (x) yaitu Micro Teaching terhadap variabel Dependen (Y) yaitu Keterampilan Mengajar. Maka dapat disimpulkan independ tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, kemudian tingkat pada tingkat signifikansi 5 %, Nilai F hitung = 0,685< f tabel = 4,04 . Sehingga Ha ditolak, Ho diterima, artinya variabel independen (Y). Maka dapat disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ha tidak diterima, HO terima atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perkuliahan Micro Teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Peaklongan.
20SK2023066.00 | SK PGMI 20.066 RAN p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain