SKRIPSI PGMI
Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Strategi Cooperative Learning Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV MIS Kaliketing Doro Pekalongan
Pembelajaran tematik memiliki keunggulan dalam mengembangkan
keterampilan sosial siswa seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap
terhadap gagasan orang lain melalui proses pembelajaran dengan cooperative
learning. Cooperative learning merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan
siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam mencapai tujuan pembelajaran
disamping mengintegrasikan keterampilan sosial yang bermuatan akademik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan
proses pembelajaran tematik dengan strategi cooperative learning dalam
mengembangkan keterampilan sosial siswa kelas IV MIS Kaliketing Doro
Pekalongan? (2) apa saja problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran
tematik dengan strategi cooperative learning dalam mengembangkan
keterampilan sosial siswa kelas IV MIS Kaliketing Doro Pekalongan? (3)
bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika dalam proses
pembelajaran tematik dengan strategi cooperative learning dalam
mengembangkan keterampilan sosial siswa kelas IV MIS Kaliketing Doro
Pekalongan?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dalam
penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan proses pembelajaran
tematik dengan strategi cooperative learning di kelas IV MIS Kaliketing Doro
Pekalongan dilakukan melalui 3 tahapan :pendahuluan, inti, dan penutup. (2)
Problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran tematik dengan strategi
cooperative learning dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa kelas IV
MIS Kaliketing Doro Pekalongan (a) proses pembelajaran memerlukan waktu
yang relatif lama, (b) keterlibatan masing-masing anggota dalam kelompok masih
kurang, (c) siswa kurang menerima terhadap cara pembentukan kelompok. (3)
Solusi yang dilakukan dalam mengatasi problematika dalam proses pembelajaran
tematik dengan strategi cooperative learning dalam mengembangkan
keterampilan sosial siswa kelas IV MIS Kaliketing Doro Pekalongan (a)
mendorong siswa disiplin dalam belajar, (b) memberikan tugas yang berbeda
kepada masing-masing anggota kelompok, (c) memberikan nasihat dan
kesempatan kepada siswa untuk menentukan sendiri kelompoknya.
20SK2023050.00 | SK PGMI 20.050 AZI p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain