SKRIPSI PGMI
Pengaruh Prestasi Siswa Tentang Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan
Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematikdilakukan melalui aktivitas ilmiah agar siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar, sehingga menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa danmemudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Namun kenyataannya masih ada beberapa siswa yang keaktifan dan keterampilan berpikir kritisnya kurang., hal ini terjadi apabila persepsi siswa mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik itu rendah.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Seberapa besar persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan?, 2) Seberapa besar keterampilan berpikir kritis kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan?, 3) Apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintik dalam pembelajaran tematik terhadap keterampilan berpikir kritis kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarpersepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan, untuk mengetahui seberapa besar keterampilan berpikir kritis kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintik dalam pembelajaran tematik terhadap keterampilan berpikir kritis kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil analisis menunjukkan: 1) Nilai rata-rata persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V MI Islamiyah KarangsariKaranganyar Pekalongan adalah 61yang termasuk dalam kategori cukup. 2) Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalonganadalah 63yang termasuk dalam kategori baik. 3) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terhadap keterampilan berpikir kritis kelas V MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan. Hal ini terbukti dengan hasil perolehanttest > thitung yaituPada tingkat signifikan 1% diperoleh 4,950 > 2,431, dan pada taraf signifikan 5% diperoleh 4,950 >1,687. Diperoleh juga nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan prosentase pengaruh sebesar 39,8
20SK2023043.00 | SK PGMI 20.043 FAT p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain