SKRIPSI PGMI
Penerapan Strategi Modelling The Way Pada Pembelajaran Fikih Untuk Memotivasi Belajar Siswa Kelas V Tunagrahita Ringan SLB PRI Kota pekalongan
Strategi Modelling The Way (membuat contoh praktek) adalah strategi pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui demonstrasi. Motivasi belajar merupakan kekuatan (power motivation), daya pendorong atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat pada diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam rangka perubahan perilaku, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan strategi modelling the way pada pembelajaran fikih untuk memotivasi belajar siswa kelas 5 tunagrahita ringan SLB PRI Kota Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi modelling the way pada pembelajaran fikih untuk memotivasi belajar siswa kelas 5 tunagrahita ringan SLB PRI Kota Pekalongan?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian didapat bahwa pelaksanaan penerapan strategi modelling the way pada pembelajaran fikih untuk memotivasi belajar siswa kelas 5 tunagrahita ringan SLB PRI Kota Pekalongan belum sepenuhnya terlaksana secara maksimal, yakni masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dan juga mudah putus asanya siswa ketika merasa tidak mampu dalam menulis atau mempraktekkan. Faktor pendukung pelaksanaan strategi modelling the way adalah banyaknya pengalaman guru dalam menangani keadaan anak SLB tersendiri dan pembiasaan praktek materi pelajaran dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ruang kelas satu dengan kelas yang lain hanya berbatasan dengan satir/papan kayu dan menjadikan peserta didik tidak bisa berkonsentrasi penuh mendengarkan penjelasan dari gurunya.
20SK2023034.00 | SK PGMI 20.034 TAM p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain