SKRIPSI PGMI
Probllematika Peningkatan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Di MI Rifa'iyah Kampil Kecamatan Wiradesa
Guru sebagai pendidik dituntut untuk selalu profesional dan berintegritas. Profesionalisme guru MI tidak luput dari peran kepala madrasah yang telah melakukan berbagai cara dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan lembaga yang dipimpin. Selain itu, kepala madrasah dan guru juga wajib menjalin kerjasama untuk mewujudkan visi-misi pendidikan di lembaganya. MI Rifa’iyah Kampil merupakan MI yang tergolong masih berusia muda. Berbagai tantangan seperti kualifikasi pendidik yang belum relevan, keterbatasan guru dalam memahami kurikulum 2013, dan rendahnya motivasi yang dimiliki oleh guru masih menjadi latar belakang penyusunan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Rifa’iyah Kampil menjadi sangat berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa problematika yang harus dituntaskan dalam upaya peningkatan profesionalisme guru tersebut.
Berdasarkan pemaparan latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil? Bagaimana problematika peningkatan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru yang telah dilakukan di MI Rifa’iyah Kampil, dan mendeskripsikan problematika dalam peningkatan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah kepala madrasah dan guru MI Rifa’iyah Kampil. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tidak terstruktur dan mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yaitu analisis yang diwujudkan dalam bentuk bukan angka melainkan dalam bentuk lapangan dan uraian deskriptif. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa peningkatan profesionalisme guru yang telah dilakukan di MI Rifa’iyah Kampil antara lain adalah: supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan guru, serta pemberian motivasi secara kontinyu. 1) Supervisi akademik dilakukan oleh kepala madrasah secara sistematis meliputi: a) perencanaan, dari pembuatan jadwal dan sosialisasi jadwal kepada guru, b) pelaksanaan, dilakukan dua kali dalam satu semester. Pembagian
viii
supervisi ada dua yaitu supervisi administrasi pembelajaran dan supervisi proses pembelajaran di kelas, c) tindak lanjut, kepala menindaklanjuti hasil supervisi dengan memberikan arahan dan pembinaan kepada guru. 2) Pendidikan dan pelatihan guru dapat diperoleh dari workshop, seminar, dan forum KKG. 3) Pemberian motivasi secara kontinyu oleh kepala madrasah dilakukan melalui rapat koordinasi, percakapan pribadi, serta sistem reward dan punishment. Adapun problematika peningkatan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil antara lain : 1) Problematika supervisi akademik meliputi rangkap jabatan, sarana prasarana kurang memadai, tidak ada spontanitas dan kontinuitas hasil supervisi. 2) Problematika pendidikan dan pelatihan bagi guru meliputi keterbatasan waktu, dan suasana forum monoton. 3) Problematika pemberian motivasi secara kontinyu meliputi kondisi kesejahteraan dan gaji guru, serta watak dan kepribadian guru
20SK2023031.00 | SK PGMI 20.031 OKT p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain