SKRIPSI PGMI
Korelasi Antara Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan spiritual Siswa Kelas IV Dan V Di SD Negeri 02 Langkap Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Kecerdasan spiritual yang dimiliki dalam diri setiap siswa yang dibimbing secara berkelanjutan akan membentuk sebuah benteng dan akan menjadikan sebagai manusia yang mempunyai kepribadian yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan spiritual yaitu dengan membiasakan mengamalkan ajaran agama yang dilakukan dengan berdzikir menyebut nama-nama Allah SWT yang mulia (asmaul husna). Asmaul husna apabila dibaca akan mendorong seseorang untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Untuk mempunyai sikap-sikap tersebut di atas salah satu yang harus dilakukan siswa adalah membaca asmaul husna setiap hari sehingga mereka akan terhindar dari sikap-sikap tercela yang saat ini telah merusak moral anak bangsa.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana pembiasaan membaca asmaul husna siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, bagaimana kecerdasan spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan adakah korelasi antara pembiasaan membaca asmaul husna dengan kecerdasan spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pembiasaan asmaul husna dan kecerdasan spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara pembiasaan membaca asmaul husna dengan kecerdasan spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan field reasearch dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembiasaan membaca asmaul husna siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa pembiasaan membaca asmaul husna siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap termasuk dalam kategori sedang. Dimana diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata pembiasaan membaca asmaul husna sebesar 53,14. Nilai tersebut berada pada interval 46,19-60,10 yang masuk dalam kategori sedang. Kecerdasan Spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap berdasarkan hasil analisis data diketahui termasuk dalam kategori sedang. Dimana
viii
diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata kecerdasan spiritual sebesar 58,63. Nilai tersebut berada pada interval 50,695-66,57 yang masuk dalam kategori sedang. Pembiasaan asmaul husna memiliki korelasi positif yang signifikan dengan kecerdasan spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap. Hasil perhitungan korelasi antara pembiasaan membaca asmaul husna dengan kecerdasan spiritual siswa kelas IV dan V di SD Negeri 02 Langkap diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,533. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila nilai signifikansi tersebut dibandingkan dengan taraf signifikansi (
20SK2023028.00 | SK PGMI 20.028 IFA k | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain