SKRIPSI PGMI
Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaKelas IV MI Salafiyah Beji Tulis Batang Tahun 2018/2019
Kebaikan seorang wali kelas tercermin dari kepribadiannya dalam bersikap dan berbuat, tidak saja ketika di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Wali kelas memang harus menyadari bahwa dirinya adalah figur yang diteladani oleh semua pihak, terutama oleh anak didiknya di sekolah.Proses belajar mengajar di kelas selalu menuntut adanya motivasi dalam diri setiap siswa. Keberadaan motivasi dalam proses belajar merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek belajar dan pembelajaran. Siswa yang termotivasi akan menunjukkan minatnya untuk melakukan aktivitas-aktivitas belajar, merasakan keberhasilan diri, mempunyai usaha-usaha untuk sukses, dan memiliki strategi-strategi kognitif dan efektif dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan padanya.Peran wali kelas dalam hal ini sangat penting untuk memberikan motivasi kepada siswa. Wali kelas sebagai wali dari orang tua di sekolah harus mengetahui karakter siswanya satu persatu dengan kekhasan masing-masing sehingga apabila siswa mengalami kesulitan wali kelas mampu mengetahui kesulitan tersebut dengan tepat. Dari uraian tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu (1) Bagaimana peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Salafiyah Beji Tulis Batang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode observasi atau pengamatan, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode analisis data. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu wali kelas dan siswa kelas IV, sedangkan sumber sekunder yaitu berasal dari arsip-arsip MI Salafiyah Beji Tulis Batang.
Hasil penelitian menunjukkan Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah membimbing, member nasihat, menjadi orang tua kedua disekolah, mengelola kelas, menjadi contoh untuk siswa. Faktor pendukung peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Beji Tulis Batang diantaranya metode yang digunakan, hubungan wali kelas dan siswa, memberikan penilaian, memberikan komentar terhadap hasil kerja siswa, sedangkan faktor penghambat peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas
IV MI Salafiyah Beji Tulis Batang yaitu kurang adanya sanksi dari wali kelas, kondisi siswa didalam kelas, kurang mampu mengembangkan kegiatan yang menarik dalam belajar, kurang memiliki dorongandan kebutuhan dalam belajar, lingkungan belajar kurang mendukung.
20SK2023026.00 | SK PGMI 20.026 MAH p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain