SKRIPSI PGMI
Pembinaan Akhlak Siswa MI Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Pembinaan akhlak merupakan usaha dalam mendidik dan melatih dengan
sungguh-sungguh terhadap berbagai potensi rohaniah yang terdapat dalam diri
manusia. Dalam lembaga pendidikan (sekolah) pembinaan dapat diintegrasikan
pada mata pelajaran, penetapan tat tertib sekolah dan juga ekstrakulikuler. MI
Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekkalongan ini
menjadikan pembinaan akhlak sebagai upaya untuk meningkatkan akhlak siswa
kearah yang lebih baik serta dapat memunculkan akhlak yang mulia. Sehingga
siswa yang berakhlak mulia dapat membatasi diri dari perbuatan yang tidak sesuai
dnegan ajaran agama Islam.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan dalam penelitian ini adalah
bagaimana pembinaan akhlak siswa MI Islamiyah Karangsari Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Pekkalongan, dan apa faktor pendukung dan penghambat
dalam pembinaan akhlak siswa Mi Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Pekkalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pembinaan akhlak siswa MI Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Pekkalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam pembinaan akhlak siswa MI Islamiyah Karangsari Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan
(field research) dengan mengambil tempat penelitian di MI Islamiyah Karangsari
Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekkalongan. Sumber data primer dalam
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Akidah Akhlak, guru kelas dan siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model
Miles dan Huberman, dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu secara umum perilaku siswa Islamiyah Karangsari
Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekkalongan sudah cukup baik. Kemudian
Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan berupaya
untuk meminimalisir hal yang kurang baik pada siswa dengan melakukan
pembinaan akhlak dengan tujuan untuk membentuk akhlakul karimah siswa
seperti visi Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
“Terwujudnya Pendidikan Dasar Islamiyah Yang Unggul, Disiplin, Peduli
Lingkungan dan Berakhlakul Karimah”, pembinaan akhlak yang dilakukan untuk
viii
membina akhlak siswa berdasarkan program yang sudah dilaksanakan
menunjukkan dampak positif terhadap akhlak siswa. Siswa cenderung berperilaku
lebih baik dan menjalankan ibadah dengan lebih baik. siswa semakin sukses
dibidang akademik dan non akademik. Pembiasaan dalam program ini adalah
pembiasaan berjabat tangan saliman sebelum masuk kelas, doa pagi dan membaca
asmaul husna, membiasakan shalat dhuha, membiasakan shalat dzuhur berjamaah
dan berdzikir setelah shalat, dan shodaqoh setiap hari jum’at. Kemudian yang
menjadi faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa yaitu adanya kerjasama
yang baik antara guru dengan guru, guru dengan orang tua, dan siswa dimana
adanya kemauan dari guru untuk membina akhlak siswa dan dari siswanya itu
sendiri ada kemauan dan niat untuk dibina, adanya fasilitas, sarana dan prasarana
yang menunjang pelaksanaan pembinaan akhlak siswa. Sedangkan faktor
penghambatnya adanya latar belakang anak yang berbeda-beda, adanya anak yang
memiliki sifat masa bodoh, selalu banyak alasan jika di suruh melakukan hal yang
baik, terpengaruh teman dan lingkungan.
20SK2023017.00 | SK PGMI 20.017 MUN p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain