SKRIPSI PGMI
Pemanfaatan Laboratorium Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tegnologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Kelas IV SD Muhammadiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia Pendidikan. Hal ini direspon oleh Kementerian Pendidikan Nasional dengan memasukkan kurikulum yang bernuansa pengenalan seluk beluk teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi membutuhkan infrastruktur berupa laboratorium komputer sebagai sarana penunjangnya (media pembelajaran). Sebagai sarana penunjang dalam pembelajaran, Laboratorium komputer berfungsi sebagai pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menunjang iklim belajar di lingkungan sekolah sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam peningkatan prestasi belajar demi terciptanya sumber daya manusia yang terampil, berwawasan luas, dan disiplin.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemanfaatan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas IV SD Muhammadiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pemanfaatan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas IV SD Muhammadiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas IV SD Muhammdiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas IV SD Muhammdiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
ix
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas IV SD Muhammadiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dilakukan melalui tiga tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan guru dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus dengan memperhatikan kriteria pemilihan media dan dan memilih metode yang beragam untuk menjelaskan materi. Pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir dengan memanfaatkan laboratorium komputer beserta fasilitas di dalamnya sebagai media pembelajaran sekaligus Guru TIK menggunakan berbagai metode untuk menjelaskan materi, diantaranya : metode ceramah, metode diskusi, metode pemberian tugas, metode praktik dan metode tanya jawab. Evaluasi dilakukan dengan praktik secara langsung di laboratorium komputer baik dalam penilaian keseharian, penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester. Faktor pendukung diantaranya guru yang sekaligus menjabat laboran menjadi orang yang paling mengetahui seluk beluk laboratorium komputer, siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dan fasilitas yang ada di laboratorium komputer menjadi faktor yang sangat menunjang pembelajaran TIK. Faktor penghambat terdiri atas siswa yang memiliki daya serap lamban dan fasilitas ketika terjadi kendala teknis.
20SK2023014.00 | SK PGMI 20.014 LAT p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain