SKRIPSI PGMI
Pengaruh Pembelajaran BTQ Menggunakan Meyode Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas VI Di SDN Dukuh Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2018/2019
Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk membantu para pelajar dalam mempelajari ataupun mengatasi kesulitan dalam mempelajari Al-Quran dalam hal ini yang dimaksud adalah belajar membaca dan menulis Al-quran sehubungan dengan itu maka munculah Peraturan Daerah No. 12 tahun 2015 BAB III pasal 6 yang menjelaskan kewajiban pemerintah daerah tentang BTQ . Salah satu metode konvensional yang digunakan dalam pembelajaran BTQ adalah metode qiroati karena metode ini dianggap paling mudah dipelajari siswa. Dengan adanya pembelajaran BTQ yang menggunakan metode qiroati di Sekolah Dasar khususnya SDN Dukuh Kota Pekalongan ini diharapkan bisa membantu siswa kelas VI agar bisa lancar dalam membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa baik pembelajaran BTQ menggunakan metode qiroati di kelas VI SDN Dukuh Kota Pekalongan? (2)Seberapa baik kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI di SDNDukuh Kota Pekalongan? (3)Apakah pembelajaran BTQ menggunakan metode qiroati berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI di SDN Dukuh Kota Pekalongan? (4) Seberapa besarkah pengaruh pembelajaran BTQ menggunakan metode qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI di SDN Dukuh Kota Pekalongan?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 18 siswa diambil semua untuk penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BTQ menggunakan metode qiroati dikategorikan baik dengan presentase 81,67%, tingkat kemampuan membaca Al-quran siswa kelas VI di SDN Dukuh Kota Pekalongan tergolong baik dengan presentase 68,28. Pembelajaran BTQ menggunakan metode qiroati secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-quran siswa kelas VI di SDN Dukuh Kota Pekalongan, diketahui taraf signifikan pembelajarn BTQ menggunakan metode qiroati pada taraf signifikan 5 %Fhitung sebesar 0,67 dan Ftabel adalah 0,40 Maka Fhitung 0,67> Ftabel 0,4 sehingga H₀ ditolak, Ha diterima. Jadi pengaruh pembelajaran BTQ menggunakan metode qiroati terhadap kemampuan membaca siswa kelas VI adalah sebesar17,28 %. Dilihat pada koefisien determinasi sebesar 0,1728
20SK2023013.00 | SK PGMI 20.013 IMA p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain