SKRIPSI PGMI
Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas IV , V Dan VIDi SD Al-Irsyad Tegal
Semakin berkembanganya zaman, banyak krisis karakter yang disebabkan oleh kerusakan individu-individu masyakarat yang terjadi secara kolektif sehingga menjadi budaya. Pendidikan yang menjadi tujuan mulia justru menghasikan output yang tidak diharapkan. Untuk menghindari dari perilaku yang menyimpang atau perilaku yang tidak baik maka diterapkannya sistem full day school. Sistem full day school merupakan sistem pendidikan yang lebih banyak menghabisakan waktu disekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh sistem full day school terhadap karakter religius siswa di SDAl-Irsyad Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner pada siswa di SD Al-Irsyad Tegal. Populasi dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas IV, V dan VI di SD Al-Irsyad Tegal dengan menggunakan metode Purposive Sampling, sedangkan penentuan jumlah menggunakan rumus slovin. Terdapat 68 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisisregresi sederhana dengan program IBM SPSS Statistic 21.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem full day school di SD Al – Irsyad berada pada kategori cukup baik, karakter religius siswa di SD Al – Irsyad menunjukkan kategori baik, dan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh tingkat signifikan variabel tingkat pendapatan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan
20SK2023012.00 | SK PGMI 20.012 SUP p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain