SKRIPSI PGMI
Peran Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meninhkatkan Psikomotorik Siswa Di Kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warunhasem Batang
Proses belajar mengajar disekolah berpedoman dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 yang menggunakan pembelajaran tematik, dimana antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain saling terintegrasi. Pembelajaran tematik menerapkan berbagai pendekatan, salah satu yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas yaitu menggunakan pendekatan scientific (mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan) yang di dalamnya terdapat pergeseran dari siswa yang hanya diberi tahu menjadi siswa harus aktif mencari tahu ilmu pengetahuan dan melatih psikomotorik siswa. Sebelum adanya pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific guru menekankan pada aspek pengetahuannya saja. Dalam Hal ini dengan adanya pembelajaran tematik dengan pendekatan scientiifc yang diharapkan dapat membantu meningkatkan psikomotorik dan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar.
Rumusan masalah ini adalah (1) Bagaimana bentuk pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang? (2) Bagaimana peran pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang? (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang, untuk mendeskripsikan peran pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumupulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles and Hubberman.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific di kelas V SD Negeri Menguneng 02 Warungasem Batang terdapat perencanaan dan pelaksanaan, pada tahap perencanaan pembelajaran tematik diantaranya yaitu menyusun silabus dan
viii
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP yang digunakan guru kelas V dalam proses pembelajaran, secara keseluruhan sudah menunjukkan adanya suatu proses untuk meningkatkan psikomotorik siswa didalamnya. Terlihat dari rumusan KI, KD, indikator, tujuan pendekatan, metode, kegiatan pembalajaran, evaluasi pembelajaran, serta sumber dan media pembelajaran. Kemudian tahap pelaksanaan Proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah menerapkan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa dalam kegiatan pembelajaran dari awal kegiatan sampai akhir penutup kegiatan pembelajaran. (2) Pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan psikomotik siswa. Dalam pembelajaran tematik mempunyai peran yang mampu mengembangkan ranah psikomotorik siswa melalui tema-tema pembelajaran yang ada. Dalam hal ini peran guru juga sangatlah penting dalam proses pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan hingga proses kegiatan evaluasi pembelajaran. (3) Faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa menurut guru ada dua, yaitu sarana dan prasarana, serta tenaga pendidik. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan psikomotorik siswa menurut guru ada tiga yaitu penggunaan bahasa yang belum sesuai ejaan EYD saat siswa mengkomunikasikan hasil diskusi/materi belajar, kurangnya sumber belajar untuk pengayaan siswa, dan mindset orang tua yang menganggap anaknya tidak mempelajari materi yang jelas.
20SK2023011.00 | SK PGMI 20.011 SAA p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain