SKRIPSI PGMI
Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MSI 01 Kauman Pekalongan
Penelitian yang melatarbelakangi skripsi ini adalah proses pembelajaran tematik membahas beberapa materi dari beberapa mata pelajaran, sehingga alat dan bahan harus tersedia dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Selanjutnya pembelajaran tematik menekankan agar peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Akan tetapi, guru masih menggunakan model pembelajaran seperti biasa dengan metode ceramah dan penugasan seperti kurikulum KTSP, padahal pada kurikulum 2013 dalam mata pelajaran tematik siswa dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan trampil dalam mata pelajaran tematik. Oleh karena itu, model pembelajaran Quantum Learning perlu diterapkan dalam mata pelajaran tematik.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Seberapa besar prestasi belajar siswa sebelum pelaksanaan model pembelajaran quantum learning dalam pembelajaran tematik kelas IV di MSI 01 Kauman Pekalongan?. 2) Seberapa besar prestasi belajar siswa sesudah pelaksanaan model pembelajaran quantum learning dalam pembelajaran tematik kelas IV di MSI 01 Kauman Pekalongan?. 3) Apakah terdapat efektivitas model pembelajaran quantum learning terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV di MSI 01 Kauman Pekalongan?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian eksperimen kuasi. Penelitian eksperimen kuasi merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest one group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MSI 01 Kauman Pekalongan dengan jumlah 40 siswa. Pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan non-tes yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji analisis non-parametrik wilcoxon signed rank test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MSI 01 Kauman Pekalongan, karena model pembelajaran Quantum Learning menarik, nyaman, dan menyenangkan dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaranya. Efektivitas model pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan prestasi siswa kelas IV dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest 50,9, sedangkan nilai posttest 79,0. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistika penelitian Zhitung = -5,457 dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000 (kurang dari
ix
0,05), sehingga nilai Asymp. Sig (2-tailed) Zhitung dari uji ranks bertanda wilcoxon lebih dari taraf signifikasi 5% (α = 0,05). Dengan demikian, hipotesis berbunyi model pembelajaran Quantum Learning efektif dalam meningkatkan prestasi siswa kelas IV dalam pembelajaran tematik di MSI 01 Kauman Pekalongan.
20SK2023010.00 | SK PGMI 20.010 ADA e | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain