SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kewibawaan Guru Dalam Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Kemplong Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kewibawaan merupakan syarat mutlak dalam pendidikan artinya jika tidak
ada kewibawaan maka pendidikan itu tidak mungkin terjadi. Dalam menjalankan
fungsinya sebagai seorang pendidik, guru memerlukan beberapa faktor yang
menunjang terwujudnya proses pendidikan yang optimal. Salah satu aspek yang
harus ada pada diri seorang guru adalah adanya kewibawaan.Pada kenyataan yang
berkembang di lapangan, adanya penurunan moral anak didik, khususnya
mengenai rasa hormat peserta didik terhadap pendidik yang cederung menurun.
Salah satu faktor penyebab menurunnya rasa hormat peserta didik terhadap guru
adalah kurang wibawanya seorang guru dalam pandangan peserta didik.
Rumusan pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kewibawaan guru
dalam mengajar siswa kelas IV SD Negeri kemplong kecamatan wiradesa
kabupaten pekalongan? (2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri
kemplong kecamatan wiradesa kabupaten pekalongan? (3) Apakah terdapat
pengaruh kewibawaan guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas
IV SD Negeri kemplong kecamatan wiradesa kebupaten pekalongan?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kewibawaan guru dalam mengajar
siswa kelas IV SD Negeri kemplong kecamatan wiradesa kabupaten pekalongan.
(2) motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri kemplong kecamatan wiradesa
kabupaten pekalongan. (3) pengaruh kewibawaan guru dalam mengajar terhadap
motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri kemplong kecamatan wiradesa
kabupaten pekalongan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kuantitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field
research). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode
angket, metode dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan
menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana dengan bantuan program
SPSS versi 21.0.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan analisis data pada nilai t,
diketahui bahwa nilai sebesar 4,787 lebih besar dari 1,690 dan
berdasarkan dari tabel Coeffisien diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel
X terhadap variabel Y yaitu antara kewibawaan guru dalam mengajar terhadap
motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Kemplong. Besarnya pengaruh antara
kewibawaan guru dalam mengajar yaitu 0,403 dengan persentase koefisien
determinasi sebesar 40,3% oleh kewibawaan guru dalam mengajar dan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
20SK2023006.00 | SK PGMI 20.006 SUL p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain