SKRIPSI PGMI
Pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Ketrampilan menggunakan variasi merupakan salah satu ketrampilan mengajar yang harus dikuasai guru. Dalam proses pembelajaran, tidak jarang rutinitas yang dilakukan guru seperti masuk kelas, mengabsen siswa, menagih pekerjaan rumah, atau memberikan petanyaan-pertanyaan membuat siswa jenuh dan bosan. Ketrampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran berkenaan dengan diubahnya suatu keadaan sehingga keadaan tersebut tidak monoton dan membosankan atau menjenuhkan. Keadaan tersebut berkaitan dengan gaya mengajar guru (teaching style), penggunaan alat dan media pembelajaran, serta pola interaksi pembelajaran.Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini diantaranya apakah terdapat pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan dan seberapa besar pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan. Kegunaan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan rumus regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan menyatakan bahwa nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% ialah 2,086. Sehingga t hitung 14,258 > t tabel 2,086. Koefisien Determinasi sebesar 90,6 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pencongan sebesar 90,6 % dan 9,4% nya dipengaruhi oleh faktor lain.
20SK2023005.00 | SK PGMI 20.005 RAK p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain