SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat OOREDOO (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan Angkatan 2016-2018)
Perkembangan zaman yang semakin pesat akan berdampak pada persaingan antar perusahaan. Persaingan tersebut salah satunya pada bidang penyedia layanan telekomunikasi. Adanya persaingan tersebut para perilaku bisnis harus mengembangkan produknya agar dapat memenangkan persaingan. Salah satu cara yang dilakukan adalah merebut hati konsumen dan berupaya untuk memuaskan konsumen akan hasil produknya. Dalam persaingan bisnis ini, perusahaan harus berusaha mencapai tujuannya yaitu untuk menciptakan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan indosat ooredoo (studi kasus mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan angkatan 2016-2018).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan angkatan 2016-2018 yang menggunakan Indosat Ooredoo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 85 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan thitung 3,897 > ttabel 1,98896 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan thitung -3,309 > ttabel 1,98896 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan thitung 8,124 > ttabel 1,98896 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian, Fhitung 29,324 > Ftabel 2,72 hasil ini menunjukkan bahwa promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,503 atau 50,3% dan sisanya 49,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Loyalitas Pelanggan
20SK2041130.00 | SK EKOS 20.130 KAR p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain