SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim (Studi Kasus di Rumah Makan Ayam Gepuk Tirto Pekalongan)
Pekalongan merupakan kota yang terkenal dengan kerajinan seni batiknya, namun tidak hanya kerajinan seni batiknya yang berkembang melainkan juga berbagai jenis usaha seperti perhotelan dan juga rumah makan, di Pekalongan sendiri terdapat rumah makan yang terkenal bernama Rumah Makan Ayam Gepuk. Data jumlah penjualan di Rumah Makan Ayam Gepuk mengalami penurunan yang cukup signifikan yang semula pada bulan Oktober 4.856 penjualan menjadi 4.155 penjualan pada bulan november atau turun sebesar 17%. Kemudian pada bulan september mengalami kenaikan sejumlah 1.042 penjualan dan menjadi 5.197 penjualan pada bulan desember. ketidakstabilan penjualan ini diakibatkan oleh tingkat kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang menjadi pelanggan di Rumah Makan ayam gepuk. Sampling yang digunakan adalah Non Probability sampling, dengan teknik Accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 97 responden . Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen muslim di Rumah Makan Ayam Gepuk Tirto Pekalongan dengan nilai signifikan sebesar 0,041 < 0,05 dan t hitung 2,074 > t tabel 1,985 (2) Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen muslim di Rumah Makan Ayam Gepuk Tirto Pekalongan dengan nilai signifikan sebesar 0,090 > 0,05 dan t hitung 1,715 < t tabel 1,985 (3) Promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen muslim di Rumah Makan Ayam Gepuk Tirto Pekalongan dengan nilai signifikan sebesar 0,029 < 0,05 dan t hitung 2,224 > t tabel 1,985 (4) Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen muslim di Rumah Makan Ayam Gepuk Tirto Pekalongan dengan hasil uji t sebesar 0,004 < 0,05 dan t hitung 2,941 > t tabel 1,985 (5) Hasil uji F variabel produk, Harga, Promosi, dan Lokasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 Ftabel 2,70. (5) nilai adjusted R2 sebesar 34,8%, yang berarti kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, promosi, dan lokasi.
20SK2041126.00 | SK EKOS 20.126 IHY p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain