SKRIPSI EKOS
Pengaruh Brand Image, Shariah Compliance dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus : Nasabah PT. BNI Syariah Cabang Kota Pekalongan)
Dalam menghadapi persaingan industri perbankan syariah yang semakin ketat, maka penting adanya strategi-strategi untuk mendapatkan nasabah yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, shariah compliance, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di PT. BNI Syariah Cabang Kota Pekalongan baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah PT BNI Syariah Cabang Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan datanya dengan kuesioner. Sedangkan analisis dengan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) brand image tidak berpengaruh terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan thitung 0,341 < ttabel 1,985 dan tingkat signifikan 0,734 > 0,05. (2) shariah compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan thitung 4,556 > ttabel 1,985 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (3) relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan thitung 2,791 > ttabel 1,985 dan tingkat signifikan 0,006 < 0,05. (4) Uji F membuktikan bahwa terdapat pengaruh postif dan signifikan secara bersama-sama variabel brand image, shariah compliance, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di PT. BNI Syariah Cabang Kota Pekalongan. Dengan nilai Fhitung 66,533 > Ftabel 0,312 dan signifikansi 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. (5) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,665.
20SK2041121.00 | SK EKOS 20.121 SAR p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain