SKRIPSI EKOS
Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Keluarga Melalui Motivasi Terhadap Minat Wirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Angkatan 2015-2016)
Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui adakah pengaruh self efficacy terhadap motivasi. Kedua, untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi. Ketiga, untuk mengetahui adakah pengaruh self efficacy terhadap minat wirausaha. Keempat, untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat wirausaha. Kelima, untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi terhadap minat wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan, dengan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2015-2016 IAIN Pekalongan yakni sebanyak 665 mahasiswa dan sampel sebanyak 87 mahasiswa setelah diolah dengan rumus Slovin dengan standar eror 10 %. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur.Hasil penelian ini menunjukkan: Pertama, variabel self efficacy memperoleh hasil nilai t hitung > t tabel (3,831 > 1,98861) jadi dapat disimpulkan self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi. Kedua, variabel lingkungan keluarga memperoleh hasil nilai t hitung > t tabel (4,476 > 1,98861), jadi dapat disimpulkan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi. Ketiga, variabel self efficacy memperoleh hasil nilai t hitung > t tabel (3,239> 1,98861) jadi dapat disimpulkan self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha. Keempat, variabel lingkungan keluarga memperoleh hasil nilai t hitung < t tabel (0,466 < 1,98861), jadi dapat disimpulkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat wirausaha. Kelima, variabel motivasi memperoleh hasil nilai t hitung> t tabel (3,239> 1,98861) dapat disimpulkan variabel intervening motivasi berpengaruh terhadap minat wirausaha. Berdasarkan uji koefisien determinasi, dioeroleh Adjusted R Square sebesar 0,489 ini menunjukkan bahwa minat wirausaha mampu menjelaskan variabel self efficacy, lingkungan keluarga dan motivasi sebesar 48,9 % sedangkan sisanya sebesar 51,1 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
20SK2041110.00 | SK EKOS 20.110 ERY p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain