SKRIPSI EKOS
Pengaruh Customer Relationship Management, Komunikasi Pemasaran dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Kasus BNI Syariah Cabang Pekalongan
Loyalitas nasabah merupakan sikap dari seorang nasabah dalam berkomitmen untuk tetap menggunakan jasa dari perbankan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor customer relationship management, komunikasi pemasaran dan citra perusahaan yang berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan di Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada nasabah tabungan di Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan tiga tahun terakhir, dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden menggunakan accidental sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) customer relationship management berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,189 > ttabel yaitu 1,984 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,461> ttabel yaitu 1,984 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (3) citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,733 > ttabel yaitu 1,984 dan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. (4) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa ketika variabel independen yang teliti secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, ditunjukkan dengan nilai nilai F hitung sebesar 59,564 > F tabel 2,70. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai nilai adjusted R square sebesar 0,640. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh customer relationship management, komunikasi pemasaran, dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah tabungan di bank BNI Syariah Cabang Pekalongan sebesar 64%, sedangkan sisanya sebesar 36% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
20SK2041101.00 | SK EKOS 20.101 ULF p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain