SKRIPSI EKOS
Pengaruh Akad Bai Al-Istishna', Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Alumunium dan Kaca Sido Mulyo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan)
Kegiatan jual beli sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai sarana dan
prasarana memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya jual beli maka akan
timbul rasa saling membantu terutama di bidang ekonomi, sehingga hidup
manusia berdiri dengan lurus, mekanisme hidup berjalan dengan baik..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akad Bai Al-
Istishna’, kualitas produk, harga dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan data
primer yaitu melalui kuesioner. Dalam penelitian ini populasi yang akan
digunakan yaitu semua konsumen Toko Alumunium dan Kaca Sido Mulyo
kabupaten Pekalongan Bulan Maret tahun 2019 dengan jumlah 58 orang.
Penentuan teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin di temukan
jumlah sampel sebesar 51 orang.Model analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi linier berganda, dengan menggunakan alat analisis SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akad istisna’menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dan thitung sebesar 2,990. Sehingga thitung > ttabel
(2,990 > 2,011) ini berarti variabel akad isitisna’ berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,015 < 0,05 dan thitung sebesar 2,531. Sehinga thitung > ttabel (2,531 > 2,011)
ini berarti variabel kualitas produk berberpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan konsumen, harga dari hasil perhitungan variabe harga menunjukkan
nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05 dan thitung sebesar -2,309. Sedangkan thitung
< ttabel ( -2,309 < 2,011) ini berarti variabel harga berberpengaruh secara
signifikan tetapi negatif terhadap kepuasan konsumen, dan pelayanan
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan thitung sebesar 3,244.
Sedangkan thitung > ttabel (3,244 > 2,011) ini berarti variabel pelayanan
berberpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen.
Berdasarkan Fhitung 22,153 dengan F tabel sebesar 1,623 dan tingkat signifikansi
0,000 < 0,05, variabel akad istisna’, kualitas produk, harga dan pelayanan secara
signifikan dan positif terhadap variabel kepuasan konsumen memperoleh Fhitung >
F tabel (22,153 > 1,623) Secara simultan akad, kualitas produk, harga dan
pelayanan secara signifikan dan positif terhadap variabel kepuasan konsumen
20SK2041089.00 | SK EKOS 20.089 RIZ p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain