SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Iklan, Kesesuaian Harga dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan
Keberadaan rokok di Indonesia mendapat sambutan meriah dari kalangan
masyarakat. Perkembangan rokok sangat pesat di tanah air, seiring dengan
semakin banyaknya jumlah industri yang memproduksi rokok. Untuk menarik minat
konsumen pembeli produk yang ditawarkan maka dibutuhkan adanya promosi
seperti iklan yang efektif serta harga yang kompetitif dibandingkan harga yang
ditawarkan pesaing. Setelah melihat adanya iklan dan harga maka kegiatan
konsumsi seorang individu sangat erat dengan kualitas penghayatan individu
atas nilai-nilai agama/religiusitas yang diyakininya
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada
mahasiswa FEBI laki-laki perokok aktif IAIN Pekalongan. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Roscoe yang berjumlah 80
responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuisioner dan buku-buku
yang relevan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear
berganda.
Berdasarkan uji t, diperoleh ttabel (1,992). Dalam penelitian ini variabel
kualitas iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rokok dengan
thitung(8,231) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05. Variabel kesesuaian harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rokok dengan thitung(5,322) dan
tingkat signifikansi 0,000 < 0.05. Kemudian variabel religiusitas tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian rokok dengan thitung (-0,252) dan tingkat
signifikan 0,801 > 0,05 Melalui uji F, menunjukan secara simultan ketiga variabel
independen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian rokok dengan
fhitung(167,,866) > Ftabel (2,72) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji
koefisien determinasi, diperoleh Adjusted R Square 86,4%, sedangkan sisanya 13,6%
dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
20SK2041086.00 | SK EKOS 20.086 SET a | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain