SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran CV. Ariftex Batik Kisnala Pekalongan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Bisnis tidak dapat dipisahkan dengan aktivitas pemasaran. Sebab pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawaasan atas proram-program yang dirancang untuk menghasilnkan transaksi target pasar, guna memenuhi kebutuhan perorangan atau kelompok berdasarkan asas saling menguntungkan, melalui pemanfaatan produk, harga, promosi dan distribusi.
Salah satu pengusaha batik yang dikenal luas yaitu Batik Kisnala yang merupakan home industri yang bergerak dibidang bisnis perbatikan. Walaupun telah mengalami beberapa kali fluktuasi dalam penjualannya Batik Kisnala mampu berkembang dan mengikuti perkembangan zaman dan mampu memasarkan produknya sampai keluar kota. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha Batik Kisnala di Pekalongan dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan strategi pemasaran pada usaha CV. Ariftex Batik Kisnala di Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (filed Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskiptif, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasaarkan hasil penelitian ini, strategi pemasaran yang dilakukan CV. Ariftex Batik Kisnala dalam proses kegiatan pemasaran (Bauran Pemasaran) 4P yaitu product, place, price dan promotion. Dari segi produk yang ditawarkan sudah baik mutu dan kualitas produknya, dari segi harga menerapkan metode dua harga. dari segi tempat bersih dan nyaman kemudian strategis untuk dijadikan tempat produksi. Dari segi promosi menggunakan personal selling dan sales promotion. Dari penerapan strategi pemsaran yaitu product, place, price dan promotion sudah sesuai etika bisnis Islam.
20SK2041082.00 | SK EKOS 20.082 ROS s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain