SKRIPSI EKOS
Faktor-Faktor Penentu Harga Sembako Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Sembako di Pasar Kedungwuni Kabupaten Pekalongan)
Perekonomian merupakan hal yang penting di dalam tatanan kehidupan bernegara. Perekonomian negara yang kokoh akan mampu menjamin kesejahteraan dan kemampuan rakyat, salah satu penunjang perekonomian negara adalah kesehatan pasar, baik pasar barang jasa, pasar uang maupun pasar tenaga kerja. Kesehatan pasar sangat tergantung pada mekanisme pasar yang mampu menciptakan harga yang seimbang, yakni tingkat harga yang dihasilkan oleh interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Faktor-Faktor Penentu Harga Sembako Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Pedagang Sembako Di Pasar Kedungwuni Kabupaten Pekalongan).
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pedagang sembako di Pasar Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data ditentukan oleh setting dan partisipan serta jenis data yang akan dikumpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penentu harga sembako di Pasar Kedungwuni adalah faktor non biaya seperti penawaran dan permintaan, tindakan atau reaksi pesaing, serta pengaruh pemerintah. Selain faktor non biaya, harga sembako di Pasar Kedungwuni juga ditentukan oleh faktor biaya yang berupa modal yang telah dikeluarkan untuk membeli barang-barang sembako tersebut. Ditinjau dari etika bisnis Islam masih ditemukan penentuan harga yang tidak wajar seperti harga yang terlalu tinggi, penentuan harga yang berbeda-beda antara konsumen satu dengan yang lainnya, dan kualitas barang tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan.
20SK2041071.00 | SK EKOS 20.071 MUA f | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain