SKRIPSI EKOS
Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, dan Budaya Terhadap Keputusan Konsumen Muslim Dalam Pembelian Smartphone
Tujuan awal kita berkonsumsi haruslah tetap berada dalam jalur syar’i. Hal tersebut dikarenakan norma Islam secara garis besar mengedepankan manfaat apa yang kita konsumsi. Pengetahuan mengenai manfaat dan mudhorot, sangatlah penting bagi masyarakat umum terutama konsumen muslim dan sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi konsumen, persepsi harga, dan budaya terhadap keputusan konsumen muslim dalam pembelian Smartphone pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Tahun angkatan 2013, 2014, 2015, 2016, dan 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental Sampel dengan jumlah sampel 96 responden. Data penelitian ini berasal dari keusioner yang dibuat dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t hitung motivasi konsumen (3.842), persepsi harga (4.904), dan budaya (4.012), hasil t hitung> t tabel (0.2006), artinya motivasi konsumen, persepsi harga, dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam pembelian Smartphone. Pada uji F menunjukkan fhitung sebesar 27.240 dan ftabel 3.10, maka menunjukkan secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone. Berdasarkan uji koefisiensi determinasi, diperoleh Adjusted R Square sebesar 0.453.
20SK2041064.00 | SK EKOS 20.064 SET p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain