SKRIPSI EKOS
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Produk Mahar Dinar Dirham di BMT Daarul Mustaqiim Gerai Dinar Pekalongan
Dinar-Dirham sebagai mata uang berbasis komoditi terbukti stabil menjadi
instrumen moneter Islam selama lebih dari 14 abad. Kesesuaian antara nilai
instrinsik dan nominalnya menjadikan dinar tahan dari inflasi. Salah satu lembaga
yang fokus dalam pengelolaan Dinar-Dirham adalah Gerai Dinar Pekalongan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap
minat nasabah untuk menggunakan produk mahar Dinar Dirham.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.
Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder, adapun data dalam
penelitian ini diperoleh dari observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini terdapat variabel independen advertensi (X1), Sales Promotion (X2),
Public Relation (X3), Personal Selling (X4), dan minat sebagai variabel dependen
(Y). Populasi penelitian ini adalah nasabah mahar Gerai Dinar Pekalongan.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling
dengan jumlah sampel 30 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan (1) Advertensi tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat nasabah Gerai Dinar Pekalongan dengan nilai sig 0,416 > 0,05
atau nilai t hitung -0,827 < t tabel 2,059. (2) Sales Promotion tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah Gerai Dinar Pekalongan dengan nilai sig 0,603
> 0,05 dan nilai t hitung -0,527 < t tabel 2,059. (3) Public relation tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah Gerai Dinar Pekalongan dengan nilai sig 0,490
> 0,05 dan nilai t hitung 0,701 < t tabel 2,059. (4) Personal Selling tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah Gerai Dinar Pekalongan dengan nilai sig 0,571
> 0,05 dan nilai t hitung -0,574 < t tabel 2,059. (5) Tidak ada pengaruh secara
simultan dari Advertensi, Sales Promotion, Public Relation dan Personal Selling
terhadap minat nasabah Gerai Dinar Pekalongan.
20SK2041063.00 | SK EKOS 20.063 KHO p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain