SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Website, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan Angkatan 2016
Perilaku masyarakat khususnya untuk berbelanja secara online dipengaruhi
oleh berbagai faktor, dimana dipengaruhi oleh faktor psikologis pribadi baik dari
persepsi, sikap serta motivasi-motivasi lainnya yang berpengaruh terhadap
perlaku membeli. Mahasiswa sebagai salah satu pasar yang telah dikenal cerdas,
muda, memiliki keinginan dan kebutuhan untuk tampil trendi, serta merupakan
konsumen-konsumen yang selalu mencari hal-hal yang baru dan memanfaatkan
berbagai teknologi terkini yang merupakan pasar potensial juga diharapkan
merupakan konsumen masa depan yang akan mendorong perekonomian
Indonesia.Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel
kualias website, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian jual beli online
mahasiswa ekonomi syariah IAIN Pekalongan angatan 2016 serta dapat dijadikan
acuan atau pertimbangan dalam pengambilan keputusan mengenai strategi yang
akan dilakukan perusahaan dalam rangka meningkatkan keputusan pembelian.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah
mahasiswa ekonomi syariah IAIN Pekalongan angkatan 2016 yang berjumlah 479
orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling.
Penetapan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yaitu 83 responden. Jenis
data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dengan
penyebaran kuesioner kepada responden, dan data sekunder diperoleh dari bukubuku
dan informasi lain yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data untuk
mengukur setiap instrumen pertanyaandengan uji validitas dan reliabilitas. Dan
untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan
dan positif Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian dengan signifikansi
0,025 dan nilai thitung 2.290 > ttabel 1,990. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan Promosi terhadap Keputusan Pembeliandengan signifikansi 0,000 dan
nilai thitung 5.422 > ttabel 1,990 3) Terdapat pengaruh yang negatif dan tidak
signifikan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan signifikansi 0,671 dan
nilai thitung -0.427 < ttabel 1,990. Adanya persepsi dari responden yang menyatakan
bahwa harga pada toko online terdapat indikasi manipulasi harga dan harga pada
toko online jika dikalkulasikan lebih mahal daripada toko offline karena pada toko
online masih terkena biaya ongkos kirim. 4) Variabel kualitas website, promosi
dan harga secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian jual beli online
mahasiswa ekonomi syariah IAIN Pekalongan angkatan 2016 dengan Fhitung
sebesar 22.579 > Ftabel sebesar 2,72. Dan koefisien determinasi (R2) penelitian ini
sebesar 0,441 atau 44,1%. dan sisanya 55,9% di pengaruhi variabel lainnya.
20SK2041061.00 | SK EKOS 20.061 MIS p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain