SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pendapatan, Promosi, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Ujung Negoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Perilaku konsumtif banyak terjadi dan tidak disadari di kalangan masyarakat. Perilaku konsumtif sendiri lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku tersebut didasari oleh faktor salah satunya yaitu pendapatan. Selain pendapatan, adanya promosi menjadikan masyarakat cenderung membelanjakan penghasilannya untuk memenuhi keinginan mereka. Masyarakat juga memperhatikan gaya hidup yang terjadi di kalangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, promosi, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling, diperoleh sebanyak 99 responden dengan perhitungan Slovin, dan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji T, diperoleh ttabel (1,985). Adapun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif adalah variabel pendapatan dengan thitung (2,009) variabel promosi dengan thitung (3,708) dan gaya hidup dengan thitung (2,378). Melalui uji F, menunjukkan secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif degan Fhitung (20,719) > Ftabel (2,70). Berdasarkan uji koefesien determinasi, diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,376.
20SK2041054.00 | SK EKOS 20.054 KHO p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain