SKRIPSI EKOS
Pengaruh Relationship Marketing dan Shariah Compliance Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia KC Pekalongan)
Shariah Compliance merupakan pilar penting dalam mempertahankan dan meningkatkan Loyalitas Nasabah. Perbankan syariah menerapkan Relationship Marketing untuk menjalin hubungan jangka panjang antar pihak yang saling menguntungkan. Agar hubungan jangka panjang tetap terjalin baik dengan nasabah maka dipertegas dengan Corporate Image, sehingga citra dapat memperkuat maupun memperlemah hubungan antara Shariah Compliance dan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing dan Shariah Compliance terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Moderating.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field Reseacrh dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel menggunakan metode sampling insidental. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden nasabah Bank Muamalat KC Pekalongan. Teknik analisis data berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan MRA.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel Relationship Marketing, Shariah Compliance dan Corporate Image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Sedangkan secara simultan Relationship Marketing, Shariah Compliance dan Corporate Image berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, besarnya pengaruh ditunjukkan oleh besarnya nilai adjusted R square sebesar 0,648 artinya ada pengaruh sebesar 64,8% antara Relationship Marketing, Shariah Compliance dan Corporate Image terhadap Loyalitas Nasabah. Selanjutnya berdasarkan hasil MRA menujukkan bahwa Corporate Image memoderasi hubungan antara Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah. Dan Corporate Image tidak memoderasi hubungan antara Shariah Compliance terhadap Loyalitas Nasabah.
20SK2041052.00 | SK EKOS 20.052 AYU p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain