SKRIPSI EKOS
Pengaruh Display Produk Terhadap Perilaku Impulse Buying Dengan Discount Harga Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Muslimah El-Zatta di Kota Pekalongan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh
Display Produk Terhadap Perilaku Impluse Buying Dengan Discount Harga
Sebagai Variabel Moderating (Study Kasus Pada Konsumen Toko Muslimah ELZATTA
di Kota Pekalongan). Hipotesis pertama menguji apakah display produk
berpengaruh terhadap perilaku impulse buying. Hipotesis kedua menguji apakah
discount harga merupakan variabel moderasi dalam hubungan antara display
produk dengan perilaku impulse buying.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research dengan pendekatan
penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah
konsumen yang berbelanja di Toko Muslimah EL-ZATTA Pekalongan. Sampel
yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus populasi
tidak terhingga. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner dan
teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Sedangkan
analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan teknik pengujian
menggunakan analisis regresi linear sederhana dan selanjutnya menggunakan
aplikasi khusus regresi linear berganda (Moderated Regression Analysis) yang
digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) display produk berpengaruh
positif signifikan terhadap perilaku impulse buying, dibuktikan dari nilai t hitung
4,972 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05, maka Ho1 ditolak dan
ha1 diterima. (2) discount tidak dapat memperkuat hubungan antara display
produk terhadap impulse buying, dibuktikan dari nilai t hitung -0,319 < t tabel
1,661 dengan nilai signifikan 0,750 > 0,05, maka ho1 diterima dan ha ditolak.
nilai koefisien determinasi memiliki Adjusted R Square 0,296 atau 29,6%. Dalam
hal ini dapat di artikan bahwa kemampuan variabel independen yaitu display
produk dan discount sebagai variabel moderating dalam mempengaruhi variabel
dependen yaitu impulse buying sebesar 29,6% sedangkan sisanya 70,4% di
jelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Jadi dapat
disimpulkan adalah bahwa variabel discount harga bukan merupakan variabel
moderasi dalam hubungan antara variabel display produk dengan perilaku impulse
buying.
20SK2041037.00 | SK EKOS 20.037 KUR p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain