SKRIPSI EKOS
Persepsi Konsumen Terhadap Marketing Mix (4P) Pada Ritel Modern dan Dampaknya Terhadap Ritel Tradisional di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Menjamurnya jaringan pasar modern yang bergerak dibidang bisnis ritel, seperti Alfamart dan Indomart di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dikhawatirkan akan menjadi ancaman serius bagi keberadaan ritel tradisional seperti pedagang sembako di pasar tradional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap keberadaan ritel modern, untuk mengetahui kebijakan pemerintah terhadap keberadaan ritel modern, serta untuk mengetahui dampak adanya ritel modern terhadap ritel tradisional di Kecamatan Kedungwuni.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data didapat dari data sekunder, dan data primer berupa hasil wawancara dengan konsumen ritel modern, pedagang ritel tradisional, dan pemerintah setempat. Sampel yang diambil adalah konsumen dari ritel modern di Kecamatan Kedungwuni, pedagang sembako di pasar tradisional Kedungwuni, serta pihak pemerintah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen mempersepsikan harga di ritel tradisional lebih murah dibandingkan di ritel modern, karena harga produk di ritel tradisional tidak dibebani pajak ppn, walaupun ritel modern menawarkan kenyamanan tempat dalam berbelanja. Sedangkan dampak yang disebabkan keberadaan ritel modern terhadap ritel tradisional, yaitu dapat dilihat dari menurunnya pendapatan para pedagang pasar tradisional setelah adanya ritel modern, berkurangnya konsumen, dan berbagai dampak lainnya, seperti omset pedagang justru mengalami peningkatan dibandingkan tahun tahun sebelumnya (setelah berdiri ritel modern), sedangkan tingkat keuntungan mengalami penurunan, hal ini menunjukkan bahwa keberadaan ritel modern membawa dampak meningkatnya persaingan dalam mendapatkan konsumen.
20SK2041033.00 | SK EKOS 20.033 AFR p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain