SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Usaha Warung Makan Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Rumah Makan Spesial Mangut dan Pecak Sambal Mas Ndut di Bojong
Pemasaran merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Dengan Pemasaran suatu usaha diharapkan dapat berjalan. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan keterbatasan lapangan pekerjaan di Pekalongan, mengakibatkan banyak orang berbisnis warung makan, hal ini dapat dilihat dari warung makan yang ada di Pekalongan. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran serta untuk mengetahui Pemasaran Rumah Makan Special Mangut Dan Pecak Sambal Mas Ndut Ditinjau Dari Ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk menentukan sampel yang diambil menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah teknis analisis lapangan model Miles dan Hubeman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil anailsis menunjukkan bahwa Rumah Makan Spesial Mangut Dan Pecak Sambal Mas Ndut mampu mengaplikasi sebuah stategi pemasaran dengan baik. Strategi pemasaran tersebut di dasarkan pada bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa aspek kekuataan didapat dari ketrampilan dan kemampuan pemilik mengelola rumah makan dan membuat, serta aset-aset tetap seperti gedung yang nyaman dan parkir yang luas. Untuk kelemahan pada umumnya berkaitan dengan selera konsumen, tidak terdapatnya cabang, dan tidak tersedia ruang untuk konsumen memberikan feedback. Untuk aspek peluang berkaitan dengan kualitas makanan yang baik dan enak sehingga memungkinkan untuk membuka cabang baru, sedangkan untuk tantangan, berasal dari rumah makan lain yang menyediakan menu serupa atau menu lain yang lebih bervariasi.
20SK2041025.00 | SK EKOS 20.025 ZID s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain