SKRIPSI EKOS
Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Pasar Tradisional Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Perkembangan pasar modern yang begitu pesat memberikan dampak yang secara langsung maupun tidak langsung terhadap pasar tradisional selaku pemain lama dalam industri ritel nasional. Hal ini menyebabkan perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor yang dapat menarik minat pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berpengaruh atau tidak lokasi, produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen muslim pada pasar tradisional wiradesa. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak, baik secara teoritis maupun secara praktis.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan / Field Research, pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan sampel yang diambil menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Variabel independent dalam penelitian ini adalah lokasi, kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan. Variabel dependent nya adalah minat beli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Tingkat signifikan variabel X1 (Lokasi) adalah 0,039 < 0,05 (signifikan pada alpha 5 %), dan nilai t hitung 2,093 > t tabel 1,984. Tingkat signifikan variabel X2 (Kualitas Produk) adalah 0,020 < 0,05 (signifikan pada alpha 5 %) dan nilai t hitung 3,726 > t tabel 1,984. Tingkat signifikan variabel X3 (Harga) adalah 0.032 < 0,05 (signifikan pada alpha 5 %) dan nilai t hitung 4,897> t tabel 1,984. Tingkat signifikan variabel X4 (Kualitas Pelayanan) adalah 0.041 < 0,05 (signifikan pada alpha 5 %) dan nilai t hitung 3,332 > t tabel 1,984. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi, kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli.
20SK2041024.00 | SK EKOS 20.024 ULF p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain