SKRIPSI PAI
Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1
Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, serta seberapa besar pengaruh yang
diperoleh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI siswa tersebut.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode tes dan dokumentasi. Kemudian analisis data dalam
penelitian ini berupa analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan proses
pengolahan dan analisis data, penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak terdapat
pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI
siswa kelas VIII SMPN 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut
dibuktikan dengan hasil t test yang kurang dari t tabel. Adapun nilai t test ialah
sebesar (-0,023), sedangkan nilai t tabel sebesar 2,021. Selain itu, besar pengaruh
yang diperoleh atau hasil koefisien determinasi dari penelitian ini sebesar 0%.
Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak berusaha meningkatkan kecerdasan
emosional yang ada pada diri kita sendiri ataupun orang lain, karena hasil
penelitian ini bukanlah hasil akhir yang bisa disamakan dengan lembaga
pendidikan lain. Bisa jadi, hasil penelitian di lembaga pendidikan lain mengatakan
hal yang sebaliknya. Selain itu, kecerdasan emosional diperlukan untuk
bersosialisasi dengan orang-orang disekitar kita. Dan mengenai faktor yang dapat
meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SMPN 1 Wonopringgo kemungkinan
dipengaruhi oleh faktor lain.
19SK1921496.00 | SK PAI 19.496 NAB p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain