SKRIPSI PGMI
Implementasi Kegiatan Kepramukaan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan
Penduduk bumi saat ini dihadapkan pada permasalahan lingkungan yang krisis seperti pemanasan global, meluasnya gurun, krisis keragaman hayati, gangguan pada lapisan ozon dan hutan hujan tropis, polusi air dan udara, serta masalah sosial, pertikaian antar agama dan kurangnya kepedulian siswa terhadap lingkungan. Permasalahan lain yaitu kurangnya siswa dalam memelihara tanaman di lingkungan sekolah. Hal ini pendidikan kepramukaan dalam menerapkan karakter peduli lingkungan urgensinya sangat tinggi untuk membenahi permasalahan lingkungan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi kegiatan kepramukaan di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan?, Bagaimana implementasi kegiatan kepramukaan sebagai sarana pembentukan karakter peduli lingkungan siswa MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan? dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan kepramukaan sebagai sarana pembentukan karakter peduli lingkungan siswa MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan?. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter peduli lingkungan siswa MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dari penelitian ini adalah pembina pramuka, siswa dan kepala sekolah. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan kepramukaan di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan yaitu melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang diwujudkan melalui latihan rutin, dilaksanakan setiap hari Jum’at pukul 08.00-09.00 WIB diikuti oleh siswa kelas I - kelas VI dan kegiatan kemah yang pernah diikuti oleh MII Simbang Wetan yaitu kemah jambore ranting dan LT-II. Kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter peduli lingkungan siswa MII Simbang Wetan dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan pembiasaan. Faktor pendukung meliputi : dukungan dari masyarakat sekitar sekolah, pembina pramuka yang handal dan kegiatan menanam pohon. Faktor penghambat meliputi : belum adanya kesadaran dalam diri siswa terhadap kebersihan lingkungan, kemajuan teknologi, keterpaksaan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka, intensitas waktu ekstrakulikuler pramuka sangat singkat dan banyak siswa tidak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka.
19SK1923174.00 | SK PGMI 19.174 NAJ i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain